LanguageCast Presentation in Indonesian

This was a LanguageCast presentation I did awhile back in Indonesian.

Saya lahir di Korea tapi pindah ke Indonesia dengan keluarga saya ketika saya berusia 8 tahun. Indonesia adalah negara yang terkenal karena mempunyai lebih dari 17.000 pulau. Bapak saya bekerja di sana sendiri, dan mengunjungi kami di Korea ketika saya masih muda. Tapi akhirnya kami semua memutuskan untuk tinggal bersama, dan kami pun pindah ke Indonesia. Saya masih ingat kotak cokelat yang kami dapat ketika saya naik pesawat di bandara A.Yani di Semarang.

Indonesia sangatlah berbeda. Cuaca hangat sepanjang tahun, dengan beberapa bulan basah, musim hujan, makanan, orang-orang, dan bahasanya berbeda. Saya belum mencoba semua jenis makanan Indonesia, tapi saya sangat suka sate dan nasi goreng. Rakyat Indonesia adalah orang yang sangat hangat dan ramah. Saya mulai mengenal dan terbiasa kata-kata dalam bahasa Indonesia. Saya kira saya tidak pernah benar-benar belajar bahasaya karena saya hanya belajar sedikit-sedikit dari percakapan ayah dan ibu saya.

Saya tinggal cukup lama di Indonesia, selama sekitar 10 tahun. Ini sangat memalukan bagi saya untuk mengatakan bahwa saya sebenarnya tidak fasih berbahasa Indonesia meskipun saya tinggal di sana selama begitu lama. Aku pergi ke satu sekolah internasional Amerika dan aku hanya mengerti bahasa Indonesia yang cukup digunakan untuk pergi ke mal, membeli sesuatu, meminta sesuatu, dll. Saya mengambil kelas bahasa Indonesia di SMA saya, tapi gurunya agak keras dan kami memembahas BANYAK sekali pelajaran tata bahasa. Banyak teman-teman saya yang pasti berbicara bahasa Indonesia dengab lebih baik saya. Beberapa teman Amerika saya bahkan tahu Bahasa Jawa karena mereka punya teman di kampung. Anyways, sejak saya datang ke sini, aku mulai berpikir bahwa aku seharusnya bisa belajar lebih banyak bahasa Indonesia karena saya tinggal di sana selama 10 tahun. Jadi saya mulai mencoba untuk mulai sedikit demi sedikit melatihnya. Itulah sebabnya aku mempresentasikan ini dalam Bahasa Indonesia hari ini.

Ketika aku tinggal di Indonesia, aku benar-benar ingin keluar dari sana karena saya tinggal di sebuah komunitas yang benar-benar kecil, di mana saya hanya pergi bolak-balik dari sekolah, rumah, gereja, dan mal saja. Aku rasa tidak banyak yang bisa dilakukan. Tapi begitu saya datang ke sini, saya menyadari bahwa Indonesia sangat mengagumkan. Disana ada teman-teman masa kecilku yang aku kenal kira-kira semenjak TK di sana. Dan juga, saya merindukan cuaca, sekolah saya, teman, makanan, hanya semuanya yang berbau Indonesia. Walaupun saya kelahiran Korea, Indonesia memiliki tempat khusus di hati saya. Indonesia adalah rumah kedua saya, yang hampir seperti rumah pertama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s